Legenda Desa Kolpo

peta desa kolpo batang-batang sumrnep


Setiap Desa atau daerah pasti memiliki sejarah dan latar belakang tersendiri yang merupakan pencerminan dari karakter dan pencirian khas tertentu dari suatu daerah. Sejarah desa atau daerah sering kali tertuang dalam dongeng- dongeng yang diwariskan secara turun temurun dari mulut ke mulut sehingga sulit untuk dibuktikan secara fakta. Tidak jarang dongeng tersebut dihubungkan dengan mitos tempat-tempat tertentu yang dianggap keramat . Dalam hal ini di Desa Kolpo juga memiliki hal tersebut yang merupakan identitas dari Desa ini yang akan kami tuangkan dalam kisah-kisah dibawah ini.
Desa Kolpo merupakan salah satu dari 16 desa yang ada di Kecamatan Batang-Batang Kabupaten Sumenep. Konon pada zaman dahulu desa Kolpo ini di ambil dari kata “Pokol”, yang berarti memukul. Dari situlah pada zaman-zaman sebelumnya yang kerap kali di daerah ini terjadi pertumpahan darah, dan sering terjadi perkelahian antara satu sama lain, antara tetangga dengan tetangga. Bahkan antara keluarga sendiri dengan kerabat. Hal ini lah yang menjadi kelaziman dalam aktifitas sehari harinya. Hingga lebih dikenal di 16 desa ini khususnya di daerah ini, adalah orang yang bertengkar dan tukang pukul yang lebih dikenal dalam istilah bahasa Maduranya TOKANG POKOL.
                Dari sinilah nenek moyang memberi nama desa ini dengan sedikit merubah kalimat/ ucapan tersebut dengan membalik menjadi KOLPO. Dan hingga saat ini menjadi suatu nama yang menjadi kebanggan di daerah/ desa ini.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »